Jual: Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Tabung Pemadam

7 Free Lessons from the Teachers of The Secret

Monday, November 23, 2009

LIVE LONG LEARNING

BELAJAR SEPANJANG HAYAT

Aku ingin mencetuskan spirit pendidikan Live Long Learning bagi masyarakat dunia.
Aku ingin belajar dan terus belajar peningkatan pengetahuan, agar aku menjadi INSAN KAMIL, Pribadi Cerdas, Bijaksana dan Mulia.

Segala yang kita lakukan akan menentukan KWALITAS sebagai mahluk ciptaan. Bila tidak memperhatikan hal ini, kita akan dibelenggu oleh pikiran yang salah, cara pandang yang sempit & keliru serta sikap mental yang menyesatkan. Karena itu kita harus bertanggung jawab atas kwalitas pribadi kita.

Paradigma ini memberikan pandangan bahwa diri ini sebagai penciptaan yang harus belajar untuk menemukan tempat kembalinya, harus berupaya semaksimal mungkin mengenal dirinya sehingga ia mampu mengenal Tuhannya.

Proses Belajar Sepanjang Hidup

1. Penangkapan Obyek

Dalam mengarungi kehidupan ini , begitu banyak pilihan – pilihan yang kita kita tentukan . Pilihan – pilihan itu muncul sebagai konsekuensi adanya beragam informasi yang kita dapat. Dimulai dengan menyimak fenomena-fenonema kehidupan baik yang bersifat real maupun abstrak yang pada hakekatnya menjadi obyek-obyek pengetahuan dasar. Kita sebagai subyek dari fenomena kehidupan harus dapat bertindak proaktif menangkap obyek-obyek pengetahuan dengan mengoptimalkan panca indra, potensi psikologis, motorik & fisiologis yang disesuaikan dengan bidang-bidang kehidupan yang proposional.

2. Tahap Pengolahan

Setelah menangkap obyek-obyek dalam aspek kehidupan, kita harus mampu mengolahnya dengan segala potensi yang kita miliki yang menjadi pada sumber pengetahuan. Dengan cara ini dapat dihasilkan adanya produktifitas & kreatifitas pada tahap ini, konfigurasinya telah berbentuk dan dalam proses belajar secara akademik telah mampu menguraikan permasalahan.

3. Tahap Penyimpanan

Selanjutnya, dengan tahap pengetahuan kita mampu memberikan hasil yang harus disimpan agar dapat digunakan di kemudian hari dan akan mempengaruhi pengetahuan & pola diri pikir kita. Pada tahap ini , dalam proses mengenal diri, kita sedang bertafakur memikirkan langkah-langkah nyata mengaktualisasikan segala kelebihan & pengetahuan, menyimpannya sejenak untuk diluar mengkombinasikannya dengan modalitas-modalitas yang lain diluar aspek pengetahuan kita.

4. Tahap Repreduksi

Tahap ini, sangat relevan dengan kondisi kita saat ini. Dengan berbekal potensi yang terlacak, kecakapan yang tereksplorasi, pengalaman yang memberi pelajaran dan strategi-strategi yang menyakinkan, kita harus berkomitmen untuk melanjutkan proses hidup ini menuju aktualisasi integritas personel. Telah tiba waktunya nilai-nilai potensi diri diaktualisasikan, nilai-nilai pengorbanan dihargai, nilai-nilai kesabaran terjawab, nilai-nilai profesionalisme dipratekkan, nilai-nilai agama disosialisasikan kedalam diri & keluarga untuk membuat hari-hari berarti ( to make each day court ).

Beberapa metode dalam pencarian jati diri, salah satunya ialah dengan jalan pengoptimalkan panca indra serta potensi fisik dan mental

Tahap Awal Tahap Akhir
1. Membaca 6. Menilai
2. Mendengar 7. Meneliti
3. Melihat 8. Menulis
4. Merasakan 9. Mengajar
5. Berbicara 10. Menyebarluaskan

Sumber-sumber Belajar :

1. Buku-buku
2. Majalah
3. Radio
4. Televisi
5. Koran
6. Film
7. Guru
8. Kitab Suci
9. Pengalaman


Untuk lokus sebagai obyek penerapan dari metode ini :

1. Teman
2. Saudara
3. Organisasi
4. Alam
5. Tuhan

Selain itu terdapat aspek-aspek kehidupan bidang ketertarikan kita yang bersifat umum yaitu :

1. Teknologi
2. Sosial
3. Ekonomi
4. Kesehatan
5. Keamanan
6. Agama
7. Pendidikan
8. Budaya
9. Politik
10. Lingkungan
11. Hukum

Dengan memahami hal-hal tersebut diatas, kita akan mendapatkan kecerdasan :

IQ
1. Open Minded (Pikiran Terbuka)
2. Education Access (Akses Pendidikn)
3. Knowledge (Pengetahuan)
4. Technical Skill (Ketrampiln Tekhnik)
5. Experience (Pengalaman)
6. Career (Karir)
7. Management Skill (Keahlian Manajemen)
8. Communication Skill (Ketr Komunikasi)
9. Professionalism (Profesionalisme)

EQ
1. Kepercayaan Diri
2. Nilai Seni
3. Kebahagiaan
4. Kebijaksanaan
5. Kekuatan
6. Kebanggaan
7. Pengendalian Diri

SQ
1. Ahlak
2. Iman
3. Islam

Maka akan dicapai apa yang didambakan :

1. Wibawa
2. Kehormatan
3. Kekayaan
4. Kemuliaan
5. Kesuksesan

Satu hal yang membuatku sangat menikmati kehidupan ini adalah adanya sumber-sumber untuk mempelajari kehidupan ini. Begitu luar biasanya Allah menciptakan sistem bagi ciptaan-Nya. Pemahaman akan sumber-sumber ini membuatku begitu percaya diri bahwa MANUSIA TIDAK ADA YANG HARUS BODOH. Dengan segala potensi kecerdasannya seharusnya mampu menuju Tuhannya dengan perasaan berbunga-bunga, penuh kerinduan, syukur & khusuk. Begitu banyak sumber-sumber untuk mencapai kwalitas tertinggi. Allah tidak hanya membiarkan manusia dilemparkan begitu saja ke bumi. Bumi telah dihiasi dengan Rahman dan Rahim-Nya.

No comments:

Adsense

Powered By Blogger
 
Changing LINKS