Jual: Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Tabung Pemadam

7 Free Lessons from the Teachers of The Secret

Thursday, April 10, 2008

FILSAFAT

"FILSAFAT"

Seorang yang berfilsafat dapat diumpamakan seorang yang berpijak dibumi sedang tengadah kebintang-bintang, dia ingin mengetahui hakekat dirinya dalam kesemestaan galaksi atau seorang yang berdiri dipuncak tinggi memandang kengarai dan lembah dibawahnya, dia ingin menyimak kehadirannya dengan kesemestaan yang di tatapnya. Karakteristik berpikir filsafat yang pertama adalah universal, seorang tidak puas lagi dengan ilmu hanya dari segi pandang ilmu itu sendiri, dia hanya ingin melihat ilmu dan konstelasi pengetahuan yang lainnya. Dia ingin tau kaitan ilmu dengan moral, kaitan ilmu dengan agama, dia ingin yakin apakah ilmu itu membawa kebahagiaan kepada dirinya.
Kita sering melihat orang yang berilmu yang picik, memandang rendah pengetahuan lainnya, meremehkan moral, agama dan estetika. Mereka sebenarnya suatu saat akan sadar dan tercengang bila bertengadah ke bintang-bintang yang ternyata masih ada langit lain di luar tempurung kita, kitapun lalu menyadari kebodohan kita, Socrates mengatakan “bahwa saya tidak tahu apa-apa”. Kerendahan hati Socrates bukanlah verbalisme yang sekedar basa-basi. Kita harus membongkar tempat berpijak secara fundamentak yang merupakan karakter berpikir filsafat yang kedua yaitu sifat mendasar.
Memang kita menyadari secara terus terang tidak mungkin menangguk pengetahuan secara keseluruhan dan bahkan kita tidak yakin pada titik awal yang menjadi jangkar pemikiran yang mendasar. Dalam hal ini kita hanya berspekulasi dan inilah yang menjadi cirri filsafat yang ketiga yaitu spekulatif. Sekarang kita sadar bahwa semua pengetahuan yang sekarang ada dimulai dengan spekulasi sehingga kita dapat memilki buah pemikiran yang dapat diandalkan yang juga merupakan titik awal dari penjelajahan pengetahuan. Tanpa mengembangkan tentang apa yang disebut benar maka tidak mungkin pengetahuan lain berkembang diatas dasar kebenaran dan tanpa menetapkan apa itu baik dan buruk maka tidak mungkin bicara tentang moral, demikian juga tanpa wawasan apa yang disebut indah atau jelek tidak mungkib kita berbicara tentang kesenian.
Tiadalah kamu lihat, bahwa Allah menundukkan bagimu segala yang ada di langit, dan segala yang ada di bumi, dan melimpahkan atasmu nikmat-Nya, yang nampak maupun yang tidak nampak? Namun diantara manusia, ada orang yang bertengkar tentang Allah tanpa pengetahuan, tanpa bimbingan, dan tanpa Kitab yang memberi pegangan!(Q.S. 31 Surat Luqman Ayat 20)

No comments:

Adsense

Powered By Blogger
 
Changing LINKS